Senin, 16 Juli 2012

Cara menginstall modem dilinux mint 13 cinnamon

halo semua, saya posting lagi nih.. hhehee
kali ini isi postingan saya berisi tentang cara menginstall modem di OS linux, dan kali ini saya akan menginstallnya di OS linuxmint 13 saya..

postingan kali ini juga sebagai balasan dari pertanyaan teman saya disekolah.. :D ..
meskipun udah banyak juga kawan – kawan blog yang membuat postingan ini, tapi ini adalah tulisan asli saya, no copy paste..:),, cekidot


untuk menginstall modem tercinta kita di OS linux memang tidak seperti diwindows.. karena sampai sekarang beberapa vendor modem yang beredar masih belum mendukung linux sebagai membernya dan masih banyak yang menggunakan windows sebagai membernya. Jadi kita harus mengutak – atik settingnya sedikit..( kata – katanya udah kayak orang penting saja ,,hheheh)

step 1
buka network connections seperti dibawah ini

tunggu sampai modem meminta password lalu diisi...





step 2

klik “mobile broadband”, awalnya masih belum ada profil jika kita belum pernah menggunakan, kita akan membuat profil baru dengan mengklik “Add”...



step 3
maka akan tampil jendela seperti ini, kita tinggal mengaturnya...

saya menggunakkan modem bandrich bandluxe 3.5 HSDPA ..

karena kita orang “INDONESIA” kita pilih aja countrynya itu, hehehe klik continue..

pilih provider atau jaringan yang kita pakai, kali ini saya menggunakan kartu halo (TELKOMSEL), klik continue...

untuk bagian ini pilih saja “Default” plan, modem anda akan mengaturnya sendiri,,


ini tampilan jendela terakhir yang berisi tentang settingan kita tadi,, klik APPLY..



step 4

setelah semua settingan  udah selesai diatur, maka akan tmpil jendela seperti ini



kita pilih “connect automatically”,  agar pada saat kita menggunakan modem lagi kita tidak perlu mengatur pengaturannya lagi..:D klik “Save”

oke, modem kita sudah bisa dipakai untuk browsing diinternet..  selamat berinternet ria..:D

NB: cara ini setau saya berlaku untuk semua modem dan OS linux (pinguy,ubuntu,blankON,dll kecuali backtrack ada pengaturannya sendiri)
( jika saya salah mohon di respon dengan komentar)
boleh copy paste artikel ini untuk blog kawan - kawan meskipun saya tau banyak yang membuat artikel ini jg.. hehehee..

saya menunggu komentar – komentar jeniusnya biar sama – sama belajar, salam opensource,,

http//:denraypublog.blogspot.com


Ping your blog, website, or RSS feed for Free

6 komentar:

  1. kalo yg i2, udah tw kak.. nha, gmn kalo modemx didetect sbgi media storage? :D

    BalasHapus
  2. maaf ya baru balas,, setau saya gk apa2, gak ada efeknya,, yang ptng udah keinstall kyk printah diatas?? klw udah, tggl cari network setting yang ada dipanel cr nama modemnya, tggl klik..:D makasih udah mampir,, klw masih bngung mari kita cari penyebabnya sama2..:) SALAM

    BalasHapus
  3. wah mantap gan :D

    http://ubuntu-roy.blogspot.com

    BalasHapus
  4. Kalau modem smartfren gmn ya kaka? :)

    BalasHapus
  5. maaf sob baru bisa balas, udah sangat jarang ngebloging.. udah jauh jurusanny sma kuliah.. soal itu sy kurang tau sob, sob cr aj deh d mbaah google.. ada para mastah yg psti lebih tau.. :) maaf sob gk bsa ngebantu .. salam..

    BalasHapus

Berikan komentar anda tentang isi artikel ini..

"jika Anda dapat menghargai orang lain, maka orang lain akan menghargai anda"