Tampil di halaman awal hasil pencarian Google (SERP : Search Engine Result Page) termasuk menjadi tujuan favorit mulai dari internet marketer, blogger, web master hingga profesional SEO. Sulit-sulit gampang untuk menentukan formula yang pas untuk menempati salah satu posisi di 10 besar halaman pencarian Google.
Paling tidak ada 3 parameter yang harus didapatkan nilainya untuk menunjang keberhasilan untuk muncul di halaman awal Google :
Paling tidak ada 3 parameter yang harus didapatkan nilainya untuk menunjang keberhasilan untuk muncul di halaman awal Google :
- Kepadatan keyword (kata kunci) yang tepat. Jika berlebihan malah bisa dianggap spam oleh Google.
- Relevansi keyword pada halaman tujuan dengan tujuan pencari informasi. Ini bisa dinilai dari besaran bounce rate - lihat kembali hasil analisa Google Analytics web/blog anda.
- Persaingan dengan kompetitor. Layaknya kejuaraan, semakin banyak peserta tentu semakin ketat pula persaingan.
Untungnya, ketiga parameter diatas itu bisa didapatkan dengan relatif mudah (dan gratis pula).
Berikut ini beberapa tips yang terbukti manjur (dalam kasusku) untuk menjadikan artikel anda penantang berat bagi kompetitor yang kadung jadi 10 besar dihalaman pencarian.
Berikut ini beberapa tips yang terbukti manjur (dalam kasusku) untuk menjadikan artikel anda penantang berat bagi kompetitor yang kadung jadi 10 besar dihalaman pencarian.
- Gunakan Google AdWords Keyword Tool untuk mendapatkan kombinasi keyword yang jitu untuk ditanamkan pada artikel anda
- Belajar dari kompetitor. Amati 10 besar hasil pencarian Google dan gabungkan informasi dari website-website tersebut untuk melengkapi rangkaian keyword dari step 1
- Buat judul artikel yang menarik perhatian pengunjung berdasarkan hasil riset anda dari step 1 dan step 2
- Jaga relevansi antara keyword yang anda tanam dengan maksud artikel anda. Menyebar keyword dengan sembrono hanya akan membuat artikel anda sulit memenangkan persaingan. Faktanya artikel yang memberikan informasi biasanya langsung melejit ke halaman pencarian dibanding artikel yang asal menembak keyword. Sebagai contoh, coba masukkan kata kunci 'cara mengganti logo blog' atau 'persiapan menjadi freelance' di Google :)
- Ya, selanjutnya submit artikel anda di Digg, Facebook, Twitter dan social media sejenisnya untuk memastikan halaman anda langsung ter-index di Google
- Gunakan layanan iklan gratis untuk mempromosikan artikel anda
Apakah anda juga melakukan hal yang sama? Atau anda punya pengalaman sendiri? I'd like to know :)
pertamaxx..
BalasHapusnice info gan,,
iya makasih gan..
BalasHapus